Surat Edaran Dirjen Bina Marga Tentang Rambu

Pendahuluan



Pada tahun 2023 ini, Dirjen Bina Marga kembali mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang rambu-rambu lalu lintas. Surat edaran ini penting untuk diketahui oleh seluruh pengguna jalan sebagai panduan dalam berlalu lintas.


Arti Penting Rambu Lalu Lintas



Rambu lalu lintas memiliki arti penting sebagai petunjuk arah dan tanda peringatan yang harus dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan. Rambu lalu lintas juga membantu mengurangi kecelakaan lalu lintas dan mempermudah mobilitas di jalan.


Jenis Rambu Lalu Lintas



Surat edaran Dirjen Bina Marga tahun 2023 ini memuat informasi tentang jenis-jenis rambu lalu lintas. Ada tiga jenis rambu lalu lintas, yaitu rambu perintah, rambu larangan, dan rambu peringatan. Rambu perintah memberikan instruksi kepada pengguna jalan, rambu larangan memberikan larangan, dan rambu peringatan memberikan peringatan mengenai kondisi di depan.


Warna dan Bentuk Rambu Lalu Lintas



Surat edaran Dirjen Bina Marga tahun 2023 ini juga menjelaskan tentang warna dan bentuk rambu lalu lintas. Rambu perintah berbentuk bulat dengan warna dasar biru, rambu larangan berbentuk bulat dengan warna dasar merah, dan rambu peringatan berbentuk segitiga dengan warna dasar kuning.


Pemasangan Rambu Lalu Lintas



Pemasangan rambu lalu lintas harus dilakukan dengan benar agar dapat memberikan informasi yang jelas dan tepat kepada pengguna jalan. Rambu lalu lintas harus dipasang pada tempat yang mudah dilihat dan tidak mengganggu pandangan pengguna jalan.


Pelanggaran Rambu Lalu Lintas



Pelanggaran rambu lalu lintas sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Pelanggaran rambu lalu lintas juga dapat dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Menggunakan Aplikasi Lalu Lintas



Kini telah banyak tersedia aplikasi lalu lintas yang dapat membantu pengguna jalan dalam menghindari kemacetan dan mengetahui kondisi jalan. Pengguna jalan dapat mengunduh aplikasi tersebut dan menggunakannya sebagai panduan saat berkendara.


Kesimpulan



Surat edaran Dirjen Bina Marga tahun 2023 tentang rambu lalu lintas sangat penting untuk diketahui oleh seluruh pengguna jalan. Rambu lalu lintas memiliki arti penting sebagai petunjuk arah dan tanda peringatan yang harus dipatuhi. Pengguna jalan juga harus memasang rambu lalu lintas dengan benar dan tidak melanggar peraturan lalu lintas.


Referensi



Referensi: https://www.bina-marga.pu.go.id/

close